Senin, 08 Januari 2024

Menyiapkan Sistim peringatan dini (4)

Shanti sudah menemukan kotak yang cocok untuk seluruh system, dengan satu buah baterai lithium 18650. Sistim sudah disolder ulang, siap untuk dimasukkan kedalam kotak.

Solar panel yang dibutuhkan tidak tersedia dilapangan, sehingga Shanti harus membuat sendiri. Shanti juga sudah mulai merangkai solar panel yang dibutuhkan, proses ini juga berguna untuk melatih staf Shanti untuk merangkai solar panel buatan sendiri.

Solar panel menggunakan PVC board setebal 5 mm sebagai dasarnya, dan acrylic setebal 3 mm sebagai penutupnya. Solar cell yang digunakan berukuran 26 x 52 mm, masing-masing menghasilkan 0,5 volt dan 0,2 ampere. Solar cell ini disusun secara serial sebanyak 10 keping, sehingga menghasilkan 5 volt. Lalu dirangkai 3 baris secara pararel, sehingga hasil akhirnya adalah 5 volt, 0,6 ampere. Solar panel ini berukuran sebesar kertas A4.

Saat laporan ini ditulis, solar panel dan kotak sistim peringatan dini masih dalam proses penyelesaian. Setelah semua selesai, Shanti akan memodifikasi coding untuk pemakaian dilapangan, dan mencari lokasi yang baik untuk uji coba.
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar